Kamis, 12 Oktober 2017

Makalah Pengenalan Beberapa Media (Media Pembelajaran PAI)



Kelompok: 3

PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
Tugas ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas pada matakuliah:
Media Pembelajaran PAI

Disusun Oleh:
                        Nama                               NPM
  Ahmad Ramadhan               1611010391
  Rudi Riyanto                       1611010394
    Anisa                                    1611010385 
Lilik Widiarti                  1611010384 
   Dimas Aditya                       1611010387
                           Semester/Kelas                      3/H

Dosen Pengampu matakuliah:
Drs. Haris Budiman, M. Pd.






JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN RADEN INTAN LAMPUNG
TAHUN  AJARAN
2017/2018

Rangkuman Buku Media Pembelajaran oleh Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A
Deskripsi buku
Judul
: Media Pembelajaran
Pengarang
: Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A
Penerbit
: Rajagrafindo Persada
Tahun Terbit
: 2015

BAB III
PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
Media pembelajaran merupakan komponen instruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dalam perkembangannya media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut media pembelajaran dikelompokkan kedalam empat kelompok, yaitu :
1.    Media hasil teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi , seperti buku, foto, grafik. Teknologi cetak mempunyai cirri-ciri sebagai berikut;
1)   Teks dibaca secara linear ,sedangkan visual diamati berdasarkan ruang.
2)   Baik teks maupun visual menampilkan komunikasi satu arah dan reseptif.
3)   Teks dan visual ditampilkan statis (diam).
4)   Pengembangannya sangat tergantung kepada prinsip-prinsip kebahasaan dan persepsi visual.
5)   Baik teks maupun visual beorientasi (berpusat) pada siswa.
6)   Informasi dapat diatur kembali atau didata ulang oleh pemakai.

2. Media hasil teknologi audio visual adalah cara menghasilkan atau menympaikan materi dengan menggunakan mesin- mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Sedangkan ciri- ciri utama tehnologi media audio visual, yaitu:
1)   Mereka biasanya bersifat linear.
2)   Mereka biasanya menyajikan visual yang dinamis.
3)   Merka digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/ pembuatnya.
4)   Mereka merupakan repsentasi fisik dari gagasan rial atau gagasan abstrak.
5)   Mereka dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif.
6)   Umumnya mereka berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murit yang rendah.

3.  Media hasil teknologi yang berdasarkan computer adalah merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber- sumber yang berbasis mikroprosesor, (dalam media ini materi/ informasi disimpan dalam bentuk digital bukan cetak atau visual) adapun beberapa ciri media yang dihasilkan teknologi berbasis computer (baik perangkat keras atau lunak) yaitu:
1)   Mereka dapat digunakan secara acak,non sekuensial, atau secara linear.
2)   Mereka dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkankeinginan perancang /pengembang sebagai mana di rencanakannya.
3)   Biasanya gagasan –gaaagasan yang disa jikan dalam gaya abstrak dengan kata- kata symbol dan grafik; prinsip- prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini.
4)   Pembelajaran dapat berorientasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi.

4. Media hasil gabungan teknologi cetak dan computeradalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh computer. Adapun beberapa ciri utama teknologi berbasis computer, yaitu sebagai berikut:
1)   Ia dapat digunakan secara acak, sekuensial, secara linear.
2)   Ia dapat digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bukan hanya dengan cara yang direcanakan dan dirancang oleh perancangnya.
3)   Gagasan-gagasan sering disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman siswa ,menurut apa ,yang relefan dengan siswa ,dan dibawah pengendalian siwa.
4)   Prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan pelajaran.
5)   Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika pelajaran itu digunakan.
6)   Bahan –bahan pelajaran melibatkan banyak interaktifitas siswa.
7)   Bahan –bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber.


Menurut Seels & Glasgow jenis media dari segi perkembangan teknologi dapat kelompokkan sebagai berikut:
1.      Pilihan Media Tradisional
a.       Visual diam yang diproyeksikan antara lain: proyeksi opaque (tak-tembus pandang), proyeksi overhead. Slides, dan filmstrips
b.      Visual yang tak diproyeksikan antara lain: gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram, pameran, papan info, dan papan-bulu.
c.       Audio antara lain: rekaman piringan, pita kaset, reel, cartridge.
d.      Penyajian Multimedia antara lain: slide plus suara (tape) dan multi image.
e.       Visual dinamis yang diproyeksikan antara lain: film, televisi, dan video
f.       Cetak antara lain: buku teks, modul, teks terprogram, workbook, majalah ilmiah, berkala, dan lembaran lepas (hand-out).
g.      Permainan antara lain: teka-teki, simulasi, perpainan papan
h.      Realia antara lain: model, specimen (contoh), dan manipulatif (peta, boneka).

2.      Pilihan Media Teknologi Mutakhir
a.       Media berbasis telekomunikasi antara lain: telekonferen dan kuliah jarak jauh.
b.      Media berbasis mikroprosesor antara lain: computer-assisted instruction, permainan komputer, sistem tutor intelijen, interaktif, hypermedia, dan compact (video) disc.

 Leshin, Pollock & Reigeluth mengklasifikasi media kedalam lima kelompok, yaitu:
1.    Media berbasis manusia (guru, instruktur. Tutor, main-peran, kegiatan kelompok, field-trip),
2.    Media berbasis cetak (buku, penuntun, buku latihan (workbook), alat bantu kerja, dan lembaran lepas),
3.    Media berbasis visual (buku, alat bantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar, transparansi, slide),
4.    Media berbasis audio-visual (video, film, program slide-tape, televisi), dan
5.    Media berbasis komputer (pengajaran dengan bantuan komputer, interaktif video, hypertext).

Kemp & Dayton mengelompokkan media ke dala delapan jenis, yaitu:
1.      Media cetakan
2.      Media panjang
3.      Overhead transparacies
4.      Rekaman audiotape
5.      Seri slide dan film strips
6.      Penyajian multi-image
7.      Rekaman video dan film hidup
8.      komputer


Tidak ada komentar:

Posting Komentar