Kelompok: 3
PENGENALAN
BEBERAPA MEDIA
Tugas ini dibuat dalam rangka memenuhi
tugas pada matakuliah:
Media
Pembelajaran PAI
Disusun Oleh:
Nama
NPM
Ahmad Ramadhan 1611010391
Rudi Riyanto 1611010394
Anisa 1611010385
Lilik Widiarti 1611010384
Dimas Aditya 1611010387
Semester/Kelas 3/H
Dosen Pengampu matakuliah:
Drs. Haris Budiman, M. Pd.
JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN RADEN INTAN LAMPUNG
TAHUN AJARAN
2017/2018
Rangkuman
Buku Media Pembelajaran oleh Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A
Deskripsi buku
Judul
|
: Media
Pembelajaran
|
Pengarang
|
: Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A
|
Penerbit
|
: Rajagrafindo
Persada
|
Tahun
Terbit
|
: 2015
|
BAB
III
PENGENALAN
BEBERAPA MEDIA
Media pembelajaran merupakan
komponen instruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dalam
perkembangannya media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi.
Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut media pembelajaran dikelompokkan
kedalam empat kelompok, yaitu :
1.
Media hasil teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau
menyampaikan materi , seperti buku, foto, grafik. Teknologi cetak mempunyai cirri-ciri sebagai berikut;
1) Teks dibaca secara linear
,sedangkan visual diamati berdasarkan ruang.
2) Baik teks maupun visual
menampilkan komunikasi satu arah dan reseptif.
3) Teks dan visual ditampilkan
statis (diam).
4) Pengembangannya sangat tergantung
kepada prinsip-prinsip kebahasaan dan persepsi visual.
5) Baik teks maupun visual
beorientasi (berpusat) pada siswa.
6) Informasi dapat diatur kembali
atau didata ulang oleh pemakai.
2. Media hasil teknologi audio visual adalah cara menghasilkan atau menympaikan
materi dengan menggunakan mesin- mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan
pesan-pesan audio dan visual. Sedangkan ciri- ciri utama tehnologi media audio
visual, yaitu:
1) Mereka biasanya bersifat
linear.
2) Mereka biasanya menyajikan
visual yang dinamis.
3) Merka digunakan dengan cara
yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/ pembuatnya.
4) Mereka merupakan repsentasi
fisik dari gagasan rial atau gagasan abstrak.
5) Mereka dikembangkan menurut
prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif.
6) Umumnya mereka berorientasi
kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murit yang rendah.
3.
Media hasil teknologi yang
berdasarkan computer adalah merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan
materi dengan menggunakan sumber- sumber yang berbasis mikroprosesor,
(dalam media ini materi/ informasi disimpan dalam bentuk digital bukan cetak atau visual) adapun
beberapa ciri media yang dihasilkan teknologi berbasis computer (baik perangkat
keras atau lunak) yaitu:
1) Mereka dapat digunakan secara
acak,non sekuensial, atau secara linear.
2) Mereka dapat digunakan
berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkankeinginan perancang /pengembang
sebagai mana di rencanakannya.
3) Biasanya gagasan –gaaagasan
yang disa jikan dalam gaya abstrak dengan kata- kata symbol
dan grafik; prinsip- prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini.
4) Pembelajaran dapat
berorientasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi.
4. Media hasil gabungan teknologi cetak dan computeradalah cara untuk
menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa
bentuk media yang dikendalikan oleh computer. Adapun beberapa ciri utama
teknologi berbasis computer, yaitu sebagai berikut:
1) Ia dapat digunakan secara
acak, sekuensial, secara linear.
2) Ia dapat digunakan sesuai
dengan keinginan siswa, bukan hanya dengan cara yang direcanakan dan dirancang
oleh perancangnya.
3) Gagasan-gagasan sering
disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman siswa ,menurut apa ,yang
relefan dengan siswa ,dan dibawah pengendalian siwa.
4) Prinsip ilmu kognitif dan
konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan pelajaran.
5) Pembelajaran ditata dan
terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika pelajaran itu
digunakan.
6) Bahan –bahan pelajaran
melibatkan banyak interaktifitas siswa.
7)
Bahan –bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber.
Menurut
Seels & Glasgow jenis media dari segi perkembangan teknologi dapat
kelompokkan sebagai berikut:
1.
Pilihan Media Tradisional
a. Visual diam
yang diproyeksikan antara lain: proyeksi opaque (tak-tembus pandang), proyeksi
overhead. Slides, dan filmstrips
b. Visual yang
tak diproyeksikan antara lain: gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram,
pameran, papan info, dan papan-bulu.
c. Audio antara
lain: rekaman piringan, pita kaset, reel, cartridge.
d. Penyajian
Multimedia antara lain: slide plus suara (tape) dan multi image.
e. Visual
dinamis yang diproyeksikan antara lain: film, televisi, dan video
f. Cetak antara
lain: buku teks, modul, teks terprogram, workbook, majalah ilmiah, berkala, dan
lembaran lepas (hand-out).
g. Permainan
antara lain: teka-teki, simulasi, perpainan papan
h. Realia
antara lain: model, specimen (contoh), dan manipulatif (peta, boneka).
2.
Pilihan Media Teknologi Mutakhir
a. Media
berbasis telekomunikasi antara lain: telekonferen dan kuliah jarak jauh.
b. Media
berbasis mikroprosesor antara lain: computer-assisted instruction, permainan
komputer, sistem tutor intelijen, interaktif, hypermedia, dan compact (video)
disc.
Leshin, Pollock & Reigeluth mengklasifikasi
media kedalam lima kelompok, yaitu:
1. Media
berbasis manusia (guru, instruktur. Tutor, main-peran, kegiatan kelompok,
field-trip),
2. Media
berbasis cetak (buku, penuntun, buku latihan (workbook), alat bantu kerja, dan
lembaran lepas),
3. Media berbasis
visual (buku, alat bantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar, transparansi,
slide),
4. Media
berbasis audio-visual (video, film, program slide-tape, televisi), dan
5. Media
berbasis komputer (pengajaran dengan bantuan komputer, interaktif video,
hypertext).
Kemp & Dayton mengelompokkan media ke dala delapan jenis, yaitu:
1. Media
cetakan
2. Media
panjang
3. Overhead
transparacies
4. Rekaman
audiotape
5. Seri slide
dan film strips
6. Penyajian
multi-image
7. Rekaman
video dan film hidup
8. komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar