Kelompok 11
TABLE PIVOT
Diajukan
Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah
APLIKASI
KOMPUTER
Dosen:
Agus Susanti. M.Pd.I
Disusun
oleh :
Akmal Hidayat (1611010382)
Dwi Anes M (1611010374)
Yolanda Amelia S (1611010360)
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN
LAMPUNG
1438H/
2017M
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
warahmatullah wabarakatuh
Puji
syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan taufik hidayahnya, sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah ini yang berjudul “TABLE PIVOT”, Sebagaimana waktu yang telah ditentukan. Shalawat salam semoga
tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kami mengucapkan terimakasih kepada
pihak terkait yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini.
Kami
menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam makalah ini, oleh karena itu kami
mohon kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu pengetahuan
ini.Kami berharap makalah ini dapat bermanfaat. Amiin
Wassalamu’alaikum
warohmatullah
Bandar
Lampung,….. 2017
PENULIS
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ...................................................................................................... ii
DAFTAR
ISI ..................................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang ................................................................................................. 1
B.
Rumusan
Masalah ............................................................................................. 1
C. Tujuan Masalah ................................................................................................. 1
BAB
II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Table Pivot
.................................................................................... 2
B. Cara Membuat Table Pivot ............................................................................... 2
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan ...................................................................................................... 8
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (
IPTEK ) telah berkembang sangat pesat di era global ini dan itu semua tidak
terlepas dalam dunia akademik ataupun perkantoran, apalagi dalam hal
dokumentasi, administrasi dan presentasi sehingga diperlukan sebuah alat bantu
dalam mengerjakan semua tugas ataupun pekerjaan secara efektif
dan efesien.
Pivot Table adalah salah satu fitur
terdahsyat yang ada pada Microsoft Excel. Dengan Pivot Table, ratusan ribu atau
bahkan jutaan baris data transaksi dapat diolah menjadi sebuah rekap
laporan hanya dalam hitungan detik. Disamping dapat mengkalkulasi serta
menampilkan laporan dengan cepat, Pivot Table mengijinkan anda mengubah
laporan analisa anda dengan sangat mudah
2.
Rumusan Masalah
1. Apakah
pengertian table pivot?
2.Bagai
mana cara membuat table pivot?
3. Tujuan Masalah
1.Untuk
Mengetahui apa itu table pivot?
2. untuk
mengetahuin membuat table pivot?
BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian Table Pivot
Pivot
Table merupakan sebuah tools pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk
meringkas, menganalisis, serta mengeksplorasi data untuk disajikan menjadi
sebuah laporan dengan bentuk table-table.
Fungsi pivot table ini adalah bertujuan agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data.
Dengan menggunakan pivot table diharapkan mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu keputusan.
Fungsi pivot table ini adalah bertujuan agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data.
Dengan menggunakan pivot table diharapkan mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu keputusan.
B. Cara Membuat Pivot Table Excel
2010
Bila sumber data telah siap. Tahap
selanjutnya adalah Insert Pivot Table pada worksheet yang diinginkan.
1. Letakkan Cursor pada suatu cell yang berada
pada area sumber data (Data Source).
2. Insert pivot table melalui TABS “Insert”.
3. Setelah itu akan muncul jendela seperti gambar
berikut ini:
4. Klik OK.
Dan Pivot Table-pun selesai dibuat.
Pembuatan Laporan Pivot Table
Pada sisi kanan
akan nampak Pivot Table Field List. Untuk membuat laporan
menggunakan Pivot Table, geser (drag) Field ke bagian Area menyesuaikan
dengan bentuk laporan yang diinginkan. Sering-seringlah berlatih geser
mengeser Field ke Area agar segera memahami pola kerja Pivot Table. Tidak
butuh waktu lama untuk paham dalam belajar Pivot Table Excel. Sangat mudah
memahami Pivot Table bila konsepnya sudah ditangkap. Jangan ragu-ragu untuk
mengeksplorasi Tabs “Options” dan “Design” dari “PivotTable Tools” yang ada di
Ribbon.
Area Pivot Tables
Pivot Table mempunyai empat
area yang dapat diisi dengan cara menggeser berbagai Field ke bagian
Area. Dengan terisinya bagian Area maka pembuatan Pivot Table Report telah
dimulai. Keempat Area tersebut adalah sebagai berikut:
- Area Filter (Filters Area)
- Area Kolom (Columns Area)
- Area Baris (Rows Area)
- Area Angka (Values Area) – selalu diingat: area ini akan selalu terisi dengan angka.
Diagram Area Pivot Table:
Sampai titik ini anda sudah mempunyai pengetahuan yang
cukup tentang konsep dan dasar-dasar Pivot Table. Pivot Table mempunyai banyak
menu option di dalamnya, jangan ragu-ragu untuk segera menjelajahinya dan
cari tahu kegunaannya
Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan
Dalam Membuat Pivot Table
Beberapa
hal-hal berikut ini dapat berpengaruh pada saat membuat data dengan pivot table
:
- Setiap data yang akan dilakukan pivot table harus berisi header, hal ini akan menyebabkan jika terdapat salah satu header dalam rentang sel /array yang dipilih tidak berisi judul, maka pembuatan pivot table tidak dapat dilakukan.
- Pivot table akan mengambil baris paling atas sebagai field yang akan digunakan untuk report.
- Kolom yang tersembunyi / hide akan tetap muncul pada field di pivot table field list.
- Baris yang tersembunyi akan tetap dihitung nilainya jika terdapat di dalam array yang dipilih sebagai sumber data.
- Pemilihan jenis data (value field settings) akan berpengaruh pada hasil nilai yang akan ditampilkan
Hasil Pivot Table
Pada form PivotTable field list ini, sobat bisa memilih
field-field atau item-item yang akan dipilih untuk disajikan dalam bentuk table.
Contoh
pemilihan datanya sobat bisa lihat pada tampilan gambar pivot table 2 dibawah ini.
Cara
untuk memilih field /data yang akan digunakan adalah dengan mencentang
field-field yang terdapat pada choose fields to add to report.
Field
berdasarkan data yang akan dicari ditempatkan pada report filter / row labels /
column labels sedangkan field yang akan dicari nilainya ditempatkan pada
values.
Field-field
pada data yang akan dicari sobat excel bisa pindahkan sesuai dengan keinginan
data pivot table disajikan
- Report filter jika penyajian data terdapat filter.
- Row labels jika penyajian data dalam bentuk baris (seperti pada contoh diatas).
- Column labels jika penyajian data dalam bentuk kolom.
Selain
memilih salah satu cara penyajian diatas, apabila ketentuan penyajian data
lebih dari satu kriteria, sobat bisa memadukan penggunaannya.
Sedangkan
pada values (field yang akan dicari nilainya) terdapat beberapa pilihan nilai
yang akan disajikan. Secara default biasanya pencarian nilai ini adalah sum
(berdasarkan jumlah nilai).
Apabila
sobat ingin mencari nilai berdasarkan bentuk lainnya (jumlah sel, nilai
rata-rata dan sebagainya) silahkan diganti dengan cara klik pada (sum of
jumlah) lalu pilih value field settings kemudian pilih pada pilihan yang
diinginkan.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dengan
menggunakan tools pivot table pada excel, sobat bisa meringkas penyajian suatu
data untuk mempermudah dalam melihat serta melakukan analisa terhadap suatu
data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar