Kelompok 3
PENULISAN DAFTAR
ISI DAN DAFTAR PUSTAKA
Diajukan Untuk Memenuhi
Salah Satu Tugas Mata Kuliah
Aplikasi Komputer
Dosen: Agus Susanti
M.Pd.I
Disusun oleh :
Ilham
Arif Asidiq 1611010393
Muhammad.Alif
Naufal Jasir 1611010400
Anisa 1611010385
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN
INTANLAMPUNG
1438H/
2016M
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikumwarahmatullahwabarakatuh
Pujisyukurkehadirat
Allah SWT yang telahmemberikantaufikhidayahnya,
sehingga kami dapatmenyelesaikanmakalahini yang berjudul “penulisan daftar
isi dan daftar pustaka”, Sebagaimanawaktu
yang telahditentukan.ShalawatsalamsemogatetaptercurahkankepadaNabi Muhammad
SAW. Kami mengucapkanterimakasihkepadapihakterkait yang telahmembantu kami
dalammenyelesaikanmakalahini.
Kami
menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam makalah ini, oleh karenaitu kami
mohon kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu
pengetahuan ini.
Kami
berharap makalah inidapat bermanfaat.Amiin
Wassalamu’alaikumwarohmatullah
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .............................................................................................. i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR ISI ........................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ................................................................................
B. Rumusan Masalah..........................................................................................
C. Tujuan Penulisan............................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
A. Penulisan Daftar Isi........................................................................................
B. Contoh Daftar Isi...........................................................................................
C. Penulisan Daftar Pustaka...............................................................................
D. Contoh Daftar Pustaka..................................................................................
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan....................................................................................................
B. Saran..............................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Sebagai Negara yang besar dan dengan sumber daya alamnya yang
melimpah pada dasarnya Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi
salah satu Bangsa yang maju, bermartabat dan lebih baik dari saat ini, dan itu
semua dapat terwujud tentunya dengan dukungan sumber daya manusia yang
berkualitas, kreatif dan memiliki visi yang jelas dan terarah untuk kemajuan
Bangsa. Untuk memenuhi tujuan terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas
tentunya pendidikan adalah faktor terpenting yang tidak dapat dipisahkan.
Hal ini sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem
pendidikan nasional pada pasal 3 (tiga) yang menyebutkan bahwa pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Tujuan
dari pendidikan nasional tidak saja hanya mencetak sumber daya manusia yang
cerdas akan tetapi juga mampu mencetak kepribadian yang berkarakter, berakhlak,
kreatif, memiliki misi visi dan bertanggung jawab serta sebagai warga negara
yang baik. Kesuksesan seseorang tidak pernah lepas dari potensi yang dimiliki
oleh orang tersebut, potensi dalam arti tidak saja berbicara tentang skil akan
tetapi meliputi kemampuan seseorang mengimplementasikan potensi yang dimiliki
untuk orang banyak, kemampuan mengelola diri dan orang lain.
Berdasarkan
penelitian di Harvard University Amerika Serikat ( Ali Ibrahim Akbar, 2000)
mengungkapkan bahwa kemampuan teknis (Hard Skill) hanya memberikan kontribusi
sekitar 20% terhadap kesuksesan seseorang, selebihnya sekitar 80% kesuksesan
seseorang ditentukan oleh soft skill dan itu artinya karakteristik seseorang
memiliki porsi yang lebih besar sebagai penentu sukses tidaknya seseorang
dimana karakteristik seseorang sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikan
karakter yang ia serap.
B.
RUMUSAN MASALAH
Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain :
Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain :
1.
Apa pengertian pendidikan karakter
2.
Bagaimana Contoh program pendidikan karakter
3.
Bagaimana peran pendidikan karakter dalam membangun kemajuan bangsa
C.
TUJUAN PENULISAN
Berdasarkan rumusan
masalah di atas maka tujuan dalam penulisan makalah ini sebagai berikut
a.
Untuk mengetahui apa itu
pendidikan karakterUntuk mengetahu contoh program pendidikan karakter
b.
Untuk mengetahui peran pendidikan
karakter dalam membangun kemajuan bangsa
BAB II
PEMBAHASAN
A.Cara
Membuat Daftar Isi
Baiklah sekarang mari kita simak
langkah-langkah lengkap Cara Membuat Daftar Isi di Word. Dalam tutorial ini kami telah melengkapinya dengan gambar.
Supaya anda bisa mempermudah memahami tips ini. Sekedar info untuk anda,
kemarin kami juga telah menulis tips microsoft word. Artikel tersebut membahas
tentang cara membuat bingkai. Untuk membacanya silahkan klik Cara Membuat Bingkai
Keren di MS Word.
1. Klik dua kali (double klik) pada
tanda ruler. Maka akah mucul tanda seperti huruf "L"
2. Setelah anda double klik. Maka akan muncul kotak
dialog seperti ini. Pilih saja Left dan pilih model yang ada
titik-titiknya. Seperti yang telah kami tampilkan pada gambar dibawah ini.
3.Setelah itu buat
tanda "L" lagi seperti pada langkah pertama. Maka akan ada dua huruf
"L" disana. Double klik pada tanda yang baru. Maka akan muncul kotak
dialog seperti yang ada di bawah ini. Kalau kali ini Pilih Right dan
pilih model None
4. Setelah langkah
ke tiga. Maka tanda Huruf "L" nya akan berbalik arah. Kemudian Atur
posisi keduanya sehingga akan membentuk formasi seperti pada gambar di bawah
ini. (lihat tanda merah)
5.Untuk
membuat Membuat Daftar Isi nya otomatis. Mudah saja, sekarang tekan
TAB pada keyboard. Maka akan muncul titik-titik yang rapi. Sekarang silahkan
buat daftar isi sesuai dengan kebutuhan anda. Seperti gambar yang telah kami
contohkan dibawah ini.
B. CONTOH DAFTAR ISI
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ..............................................................................................
KATA PENGANTAR............................................................................................
DAFTAR ISI ...........................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ................................................................................
B. Rumusan Masalah .........................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Kurikulum....................................................................................
B. Prinsip Kurikulum Pendidikan Islam
C. Ciri-ciri Khusus Kurikulum Pendidikan
Islam...............................................
D. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam................................................
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan....................................................................................................
B. Saran..............................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
C. PENULISAN DAFTAR PUSTAKA
- Ketentuan Umum
Ketentuan-ketentuan
umum penulisan Daftar Pustaka dalam sebuah karya ilmiah adalah berikut:
1.
Hanya referensi-referensi yang disebut dalam teks utama dimasukkan dalam daftar referensinya. Gunakan judul Daftar Pustaka pada halaman yang memuat daftar referensi.
2.
Referensi-referensi berupa hasil
komunikasi personal, wawancara, dan sejenisnya, tidak dimasukkan dalam Daftar
Pustaka, kecuali hasil wawancara yang dimuat suatu terbitan.
3.
Daftar referensi disusun menurut
abjad dengan satu spasi.
4.
Ketik baris pertama dari setiap referensi rata kiri, dan
baris selanjutnya masuk ke dalam (hanging)
satu sentimeter atau lima spasi.
5.
Dari satu referensi ke referensi lainnya diberi jarak 2 spasi.
6.
Jika referensi dalam Daftar Pustaka terdiri dari berbagai kategori (buku, dokumen-dokumen, koran/majalah,
sumber internet, dsb), kelompokkan referensinya sbb:
a.
Untuk buku-buku, jurnal, proceedings, laporan
penelitian, diktat, dan sejenisnya, tidak perlu diisi nama kategori (referensi
utama)
b. Masukkan referensi berupa Undang-Undang, Peraturan, SK,
dokumen-dokumen, Berita Acara, dan lain sebagainya dalam kategori: Dokumen-Dokumen.
c. Masukkan refrensi
yang berasal dari majalah, koran ke dalam kategori: Majalah [jika hanya
berisi sumber dari majalah], Koran [jika hanya berisi sumber dari],
atau Majalah/Koran [jika berisi sumber dari majalah dan koran].
d. Masukkan referensi yang berasal dari internet dalam
kategori: Sumber Internet.
e. Dan kategori lainnya (bila dianggap perlu)
A. Ketentuan Khusus:
Ketentuan-ketentuan khusus dalam penulisan Daftar Pustaka
dijelaskan dalam uraian berikut:
1.
Referensi dari
Buku:
a.
Daftar Pustaka disusun menurut urutan abjad.
b.
Penyebutan
referensi dalam Daftar Pustaka dimulai dengan nama penulis (nama
keluarga/belakang terlebih dulu) [titik], tahun publikasi [titik], judul buku
dicetak miring [titik], tempat publikasi [titik dua], penerbit [titik]. Contoh
:
Ratnawati, Tri.
2006. Potret Pemerintahan Lokal di Indonesia di Masa Perubahan: Otonomi
Daerah Tahun 2000-2005. Jakarta: Pustaka Pelajar.
|
c.
Buku yang dikarang oleh dua atau tiga pengarang,
penulisannya sebagai berikut berikut:
Osborne, David, dan
Plastrik, Peter. 2004. Memangkas Birokrasi: Lima Strategi Menuju
Pemerintahan Wirausaha. Jakarta: Penerbit PPM.
|
d. Jika sebuah buku
mempunyai empat atau lebih penulis, cantumkan penulis pertama, diikuti dengan et al. untuk mengindikasikan
penulis lainnya:
Rozi, Syafuan et al. 2006. Kekerasan Komunal: Anatomi dan
Resolusi Konflik di Indonesia. Yakarta: Pustaka Relajar.
|
e.
Jika sebuah buku terdiri tiga pengarang atau lebih dan ada pengarang yang
namanya terdiri dari satu kata (tanpa nama keluarga/belakang), maka
penulisannya memakai tanda titik koma (;) untuk membedakan pengarang satu dengan
lainnya. Contoh:
Sulistiyo, Herman;
Sulaiman; dan Sulastri, Sri. 2007. Otonomi Desa di Era Otonomi Daerah. Semarang: Pena Mas.
|
Atau:
Setiawan, Hawe; Suranto, Hanif; dan Istianto. 1999. Negeri Dalam Kobaran Api: Sebuah Dokumentasi
Tentang Tragedi Mei 1998. Jakarta: Lembaga Studi Pers dan Pembangunan
(LSPP).
|
D.CONTOH DAFTAR
PUSTAKA
Abdul Karim. 2004. Petunjuk Merawat Jenazah Dan
Shalat Jenazah.Jakarta: Amzah
Abd. Ghoni Asyukur. 1989. Shalat Dan
Merawat Jenazah. Bandung: Sayyidah
M. Rizal Qasim. 2000. Pengamalan Fikih
I. Jakarta: Tiga Serangkai
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari Paparan atau penjelasan di atas, maka penulis
dapat menyimpulkan bahwa sesuai dengan makalah “Penggunaan Bahasa Baku dalam
junalistik ” penulis menyimpulkan bahwa bahasa dalam junalistik tidak di
haruskan menggunakan satu bahasa namun bisa juga dengan mamadukan dengan bahsa
lain namun dengan penggunaan yang tepat. Bahasa Indonesia dapat di kembangkan
dengan di padukan dengan bahasa melayu maupun bahasa asing yang lain dalam
penerapannya di dunia jurnalistik
B. Saran
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata
sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan
tentang makalah di atas dengan sumber – sumber yang lebih banyak yang tentunga
dapat di pertanggung jawabkan.
Untuk saran bisa berisi kritik atau saran terhadap
penulisan juga bisa untuk menanggapi terhadap kesimpulan dari bahasan makalah
yang telah di jelaskan. Untuk bagian terakhir dari makalah adalah daftar
pustaka. Pada kesempatan lain akan saya jelaskan tentang daftar pustaka
makalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar